Selasa, 21 April 2015

Stress Bekerja!


Tips Mengatasi Stres di tempat Kerja
Cara Anda mengelola serta mengatasi stres yang sedang Anda rasakan akan membedakan kualitas Anda dengan karyawan yang lain.
 
Hasil gambar untuk mekanik alat berat sedang letih
  • Tekanan-tekanan yang dirasakan oleh banyak orang di tempat kerja dapat membuat seseorang menjadi stres. Jika dibiarkan terus berlarut-larut tanpa ada solusi maka stres dapat membuat produktivitas seseorang mengalami penurunan dan jika sudah demikian maka tak heran perusahaan melakukan kaji ulang terhadap kinerja karyawan tersebut, teguran berupa sangsi bahkan hingga pemecatan bukan tidak mungkin terjadi.
    Stres di tempat kerja adalah hal yang biasa dialami oleh setiap karyawan, namun kemampuan masing-masing individu dalam mengatasi stres yang dialaminya dapat berbeda-beda. Mendeteksi sedini mungkin apakah Anda sedang mengalami stres di tempat kerja adalah sangat penting sebelum perusahaan mengetahuinya. Tanda-tanda stres yang dialami tiap-tiap karyawan juga berbeda-beda, namun jika Anda mengalami atau merasakan satu dari kelima tanda umum berikut ini ada baiknya Anda perlu beristirahat sejenak untuk menenangkan diri, mengumpulkan kekuatan kembali agar bisa bekerja dengan maksimal, dan kelima tanda tersebut adalah:
  • 1. Anda benci hari Senin

    Kekhawatiran yang berlebihan akan hari Senin mungkin menyebabkan Anda tidak memiliki semangat untuk menghadapinya. Tandanya, pada Minggu malam Anda tidak dapat tidur dengan nyenyak memikirkan tugas-tugas yang harus segera diselesaikan keesokan harinya.
  • 2. Jam kerja terasa panjang

    Seseorang yang sedang mengalami stres akan terlihat sering murung dan tidak memiliki semangat, sehingga merasakan jam kerjanya terasa sangat panjang dengan ditandai berkali-kali melihat ke arah jam.
  • 3. Menunda-nunda pekerjaan

    Pekerjaan yang monoton seringkali membuat seseorang mengalami kebosanan, jika seseorang sudah dijangkiti rasa bosan maka kebiasaan menunda-nunda pekerjaan akan sering dia lakukan.
  • 4. Tidak memiliki teman di tempat kerja

    Stres yang dialami oleh seseorang dapat menyebabkan seseorang dijauhi oleh rekan-rekan kerjanya, karena stres dapat mempengaruhi emosi seseorang entah itu menjadi pendiam atau malah menjadi sensitif dan pemarah.
  • 5. Ingin keluar dari pekerjaan

    Karena tak kunjung menemukan solusi atas permasalahannya, seseorang yang merasa tertekan karena stres umumnya memutuskan berkali-kali ingin untuk segera keluar dari pekerjaan.
    Sebagai karyawan memang kita dituntut harus bisa memberikan seratus persen kemampuan kita demi keberlangsungan perusahaan yang membayar kita. Kebanyakan perusahaan tidak mau tahu tentang kondisi kita, oleh karena itu daripada menunggu perusahaan memahami kondisi kita, ada baiknya kita sendirilah yang harus pandai-pandai mengatur serta mengatasi permasalahan pribadi yang sedang kita alami.
    Bekerja di bawah tekanan memang tidak menyenangkan, semua karyawan tentunya merasakan stres tidak hanya Anda. Namun, bagaimana cara Anda mengelola serta mengatasi stres yang sedang Anda rasakan yang akan membedakan kualitas Anda dengan karyawan yang lain. Oleh karena itu, tips berikut mungkin berguna bagi Anda yang sedang mengalami stres, supaya stres yang sedang Anda alami tidak sampai mengurangi produktifitas Anda di tempat kerja:
  • 1. Olahraga

    Kelelahan fisik di tempat kerja dapat membuat seseorang mengalami tekanan yang berujung stres. Olahraga yang notabene adalah aktifitas fisik jangan dianggap justru sebagai kegiatan yang akan menambah kelelahan Anda. Tubuh yang tidak terlatih atau jarang berolahraga adalah penyebab utama mengapa Anda mudah mengalami kelelahan fisik. Oleh karena itu, mulai saat ini Anda bisa memasukkan olahraga ke dalam daftar kegiatan sehari-hari Anda. Alasan tidak ada waktu pasti menjadi alasan utama yang akan Anda lontarkan, olahraga bisa dilakukan kapan dan di mana saja, sebagai contoh, jika selama ini Anda menggunakan kendaraan bermotor ketika menuju ke tempat kerja, sesekali Anda boleh memutuskan untuk bersepedah ketika berangkat ke tempat kerja.
  • 2. Meditasi

    Stres yang dirasakan seseorang bisa hilang dengan cara meditasi yang bisa Anda lakukan di rumah atau mengikuti kegiatan-kegiatan meditasi yang Ada di daerah Anda. Intinya adalah ketenangan batin, dengan meditasi Anda bisa diajak untuk mensugesti diri Anda agar memiliki ketenangan dan kekuatan menghadapi hari-hari Anda di tempat kerja.
  • 3. Yoga

    Tidak jauh dari meditasi, yoga adalah salah satu cara yang bisa Anda pilih untuk lakukan guna mengembalikan kemampuan berpikir Anda secara jernih untuk menyelesaikan setiap permasalahan di tempat kerja.
  • 4. Makan makanan sehat

    Tututan kerja memerlukan kondisi tubuh yang prima. Di samping olahraga makanan yang Anda konsumsi juga memiliki andil dalam menjaga kesehatan tubuh Anda. Makanan sehat sangat diperlukan untuk menutrisi otak agar dapat digunakan berpikir keras dan menjaga konsentrasi kita.
  • 5. Rekreasi

    Setelah bekerja keras selama seminggu penuh tubuh Anda juga perlu istirahat dan rekreasi adalah satu-satunya cara untuk menghilangkan kepenatan yang selama ini Anda rasakan. Ketika memutuskan untuk rekreasi Anda tidak harus melakukan ke tempat-tempat yang jauh atau melakukan kegiatan yang penuh dengan resiko seperti naik ke gunung. Rekreasi dapat Anda lakukan di tempat-tempat terdekat dengan rumah Anda, seperti memancing, ke kebun binatang, taman kota, toko buku, dan sebagainya. Intinya bukan ke mana Anda pergi tapi bagaimana Anda memanfaatkan dengan efektif hari libur Anda supaya Anda siap untuk melakukan aktifitas kerja keesokan harinya.
    Sumber:keluarga.com

0 komentar: