MotoGP : Regulasi 2016 : Dijatah 7 Mesin
Eropa. Salah satu aturan di
2016 lainnya adalah jumlah pembatasan mesin bagi skuad pabrikan yang
selama ini menganut 5 jatah mesin dan masih boleh dilakukan
pengembangan.
Terhitung musim depan jatah mesin
berubah jadi 7 dengan total seri maksimum satu musim ada 20 ronde. Jatah
7 seri ini diberlakukan engine freeze atau frozen specification, yang
artinya tidak ada lagi pengembangan dan riset mesin di tahun kompetisi
yang berlangsung.
Tak hanya mesin, bobot minimum
tunggangan musim depan menjadi 157 kg dan volume tangki bahan bakar yang
sebelum dipatok 20 liter berubah menjadi 22 liter. Kondisi ini
diharapkan bisa membuat pabrikan mendongrak performa dapur pacunya.
Musim 2016 juga diberlakukan sistem
aplikasi software beragam dengan perangkat kerasnya sama atau standar
dipasok oleh supplier yang ditunjuk promotor dan FIM.
Dasar unified software untuk tahun depan diberlakukan tahun ini di kategori open class.
Regulasi unified software ini rentang 1
Juli 2015 hingga akhir musim 2016, bila ada perubahan maka harus dapat
persetujuan mutlak dari pabrikn Ducati, Honda dan Yamaha.
Jika disetujui maka pihak promotor
akan melakukan perubahan. Namun dana yang harus dikeluarkan terkait
perubahan jadi tanggung jawabnya pabrikan.
Sebaliknya jika pihak promotor di
periode 1 Juli 2015 hingga akhir musim 2016 ingin melakukan perubahan,
maka harus mendapat persetujuan bulat dari Ducati, Honda dan Yamaha.
Jika tidak disetujui maka pihak promotor tak dapat melakukan update terhadap software ECU.
Sumber otomotif motogp
twmotorsport
0 komentar:
Posting Komentar