Minggu, 10 Mei 2015

Sikap Profesional

Profesionalisme bukanlah hanya satu kata, namun profesionalisme merupakan satu komitmen yang harus dijalankan. Membahas mengenai profesionalisme, mungkin Anda bisa menanyakan kepada diri Anda sendiri. Makna dari profesionalisme itu seperti apa dan bagaimana? Setelah itu, tanyakan juga kepada diri Anda hal yang jauh lebih penting, dampak seperti apa yang akan terjadi jika Anda bersikap profesional bagi diri Anda sendiri?



Ada beberapa bidang yang memang bidang tersebut telah memiliki kode-kode etik dari sikap profesional itu sendiri, diantaranya yaitu bidang kesehatan, bidang hukum, serta akuntansi.
Seharusnya kita tidak usah mengkhawatirkan hal ini, khawatir kepada mereka yang memang telah bekerja di bidang ini.sebab pastinya mereka telah memiliki standar sikap profesional tersendiri yang memang telah menjadi satu standar diri mereka dalam bekerja. Akan tetapi bagaimana dengan bidang HR?
Society for Human Resource Management (SHRM) saat ini sudah memberikan satu panduan terkait kode etik yang profesional yang diperuntukkan bagi para praktisi di bidang HR ini yang memang disebut juga sebagai “Profesional Responsibility.”  Dan berikut ini beberapa pemaparan terkait hal tersebut:
  • Anda sangat perlu dan harus memberikan nilai bagi organisasi yang Anda jalankan
  • Anda harus berkontribusi guna menjalankan kode etik yang sudah ditetapkan
  • Menjadi pionir dalam menjalankan profesi yang memang telah sesuai dengan kode etik yang telah ditentukan
  • Harus bertanggung jawab dengan segala rencana juga pelaksanaan yang telah ditetapkan
  • Menjalankan tindak keadilan dan kesetaraan di tempat kerja
  • Bersikap jujur dalam mengungkapkan segala macam bentuk informasi
  • Menjaga Hak Asasi Manusia setiap individu dalam organisasi yang Anda jalankan
  • Terus menerus untuk berusaha guna mencapai suatu target yang semakin meningkat yang organisasi Anda jalankan
  • Selalu berusaha untuk memajukan kemampuan suatu individu dalam organisasi yang Anda jalankan selama ini

Hal ini akan menjadi satu hal yang sangatlah penting bagi seorang pemimpin, sebab sikap profesionalisme akan sangat dibutuhkan di dalam dunia kerja atau bisnis serta dunia manajemen. Tidak hanya ada pada kedua bidang lain, namun di bidang yang lainnya kalau kita akan sangat dituntut untuk memiliki sikap profesional saat bekerja.
Mengapa penting? Dikarenakan sikap profesional memiliki peranan yang sangat besar terhadap kelangsungan, kemajuan, juga kesuksesan seseorang dalam menjalankan satu karir bahkan lebih. Oleh karena itu, dalam dunia kerja sikap profesional akan sangat dibutuhkan juga diperlukan, dan akan menjadi satu poin penting yang tidak bisa dilupakan serta ditinggalkan.

Sumber:tipskarir.com

0 komentar: