Yamaha R1 regulasi jepang

 Penampilan baru Yamaha R1 di Jepang, ganti knalpot lebih panjang karena regulasi kebisingan.
 
Ingatkah anda saat Ducati harus mengganti knalpot Panigale 1199 yang seksi menjadi "aneh" di Jepang? Yuup kali ini terjadi pada pabrikan garpu talaYamaha harus pasrah mengubah desain knalpot R1 di Jepang. Penampilan R1 tampak tak seimbang dengan knalpot yang semakin panjang.
Panjang knalpot besutan Akrapovic itu mencapai panjang hingga ujung ban belakang, menghadap ke atas. Berbeda dengan versi Eropa atau Amerika yang berknalpot pendek seksi yang tampak seimbang dengan bodi.Semua sepeda motor di Jepang harus patuh dengan regulasi kebisingan knalpot yang  ketat di Jepang. Apa pun mereknya, jika ambang batas suara knalpot terlewati, maka produsen harus rela mengganti.

Karena peraturan yang begitu rumit di  pasar Jepang,  Yamaha R1 tidak dipasarkan sebagai produk lokal di sana.Oleh sebab itu tidak akan menemukan R1 di pasar jepang.
Efek dari penggunaan knalpot panjang ini belum diketahui secara pasti,tapi tidak akan seperti Panigale yang kehilangan sedikit power karena knalpot baru. walaupuntidak ada daya yang terbuang maka akan terlihat aneh dengan desain knlapot seperti R1.

0 komentar: