Rabu, 29 Juli 2015

Petualang baru Honda

Setelah foto dan data teknis bocor dua kali dalam dua hari, akhirnya Honda memberikan detail foto dan spesifikasi petualang dan ”tukang touring” baru, Africa Twin 2016. Inilah penerus kejayaan Africa Twin yang berfokus pada penggunaan off-road, dan bakal menantang sepeda motor petualang lain yang sudah beredar.

Andalan Honda ini dibangun dengan mesin 998 cc pararel kembar, yang sanggup memuntahkan tenaga hingga 94 tk serta torsi 97 Nm. Sementara berat kosong model standarnya cuma 228,17 kg, dan model yang dilengkapi DCT-ABS mencapai 242,2 kg.

Memang, jika dibandingkan dengan model petualang kenamaan lain macam KTM 1190 Adventure R atau BMW R1200GS Adventure, model ini tidak lebih baik. Namun ada beberapa daya tarik lain yang wajib ditengok dan dipertimbangkan.

Honda Africa Twin 2016 menawarkan transmisi kopling ganda (Dual Clutch Transmission-DCT), yang bisa dioperasikan secara manual atau otomatik. Keuntungannya, membuat perpindahan gigi jauh lebih gampang dan tidak mengganggu konsentrasi di jalanan untuk pengendara pemula.

Tentu, transmisi kopling ganda Honda sudah sangat canggih, diklaim mampu menyesuaikan diri di tanjakan atau turunan. Meski dioperasikan secara otomatik, transmisi akan menjaga agar tenaga tetap didapat saat menanjak, dan engine brake tetap maksimal saat menurun.

Mengikuti tren, ABS bisa dimatikan untuk roda belakang, agar pengendara bisa mengunci roda saat melakukan manuver di jalanan off-road.

Tidak disebut travel suspensinya, Honda hanya memberikan data ground clearance 24,8 cm, menggunakan garpu Showa yang bisa disetel untuk bagian depan dan merek yang sama untuk suspensi belakang dengan tipe hidrolik.

Sepeda motor ini tersedia dalam pilihan warna merah, hitam, putih, atau keperakan. Honda akan mulai mendistribusikan model ini sekitar awal 2016 mendatang, dengan harga di Eropa ditetapkan 12.400 Euro atau setara Rp 183 juta.

Sumber:kompas.com 

0 komentar: