Agar Honda RC213V-S legal melaju di jalan raya, calon penggunanya
harus menerima kenyataan bahwa banyak komponen dari motor ini yang tidak
dipasang atau diganti dengan standar spesifikasi lebih rendah. Cukup
banyak komponen yang "disunat". Kebanyakan adalah teknologi advance, termasuk bukaan katup pneumatic dan girboks seamless.
Honda membeberkan apa saja komponen RC213V yang tak dipakai atau
diganti untuk diterapkan pada tipe produksi massal. Berikut daftarnya:
1. Perubahan pada struktur camshaft dilakukan dengan mengubah katup pneumatic menjadi coil spring system.
2. Girboks seamless untuk memperhalus perpindahan gigi diganti dengan yang konvensional.
3. Steering angle atau sudut roda berbelok semakin besar, dari 15 derajat menjadi 26 derajat.
4. Ban menggunakan Bridgestone, rem stainlees dari Yutaka Giken, dan peranti rem dari Brembo.
5. Penambahan lampu-lampu, depan, belakang, sein, hingga penerangan untuk pelat nomor.
6. Penambahan speedometer dan tempat meletakkan pelat nomor.
7. Knalpot menggunakan katalis.
8. Penambahan klakson.
9. Dilengkapi fitur Honda Smart Key, starter otomatis, side stand switch, dan lainnya.
10. Ada self starter.
Sementara itu, komponen dan fitur dari MotoGP
yang dipertahankan adalah tangki bensin yang posisinya rendah,
penggunaan serat karbon pada bodi, adanya lengan ayun, kopling, pelek
Marchesini 17 inci, suspensi Ohlins, hingga pijakan dan pengontrol kaki.
Sumber:kompas.com
Rabu, 05 Agustus 2015
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar