Senin, 27 Juli 2015

sesuaikan jenis BBM kendaraan anda

Kehadiran bahan bakar jenis baru dari Pertamina yakni Pertalite, menambah pilihan bahan bakar dari perusahaan migas nasional tersebut. Itu diluar bahan bakar dari SPBU merek asing yang juga beroperasi di Indonesia seperti Shell, Total dan Petronas.
Petugas SPBU mengisikan bahan bakar Pertalite. MI/Ramdani
Pertalite yang memiliki nilai oktan 90, mengisi celah nilai oktan diantara Premium (88) dan Pertamax (92). Lantas bahan bakar mana yang cocok untuk kendaraan Anda? Mudahnya lihatlah rasio kompresi pada spesifikasi mesin kendaraan Anda.

Misalnya pada buku manual tertulis rasio kompresi mesin 10,3 : 1, maka bahan bakar yang tepat adalah dengan nilai oktan 92, yakni Pertamax dan sejenisnya. Begitu pula jika rasio kompresinya tertulis 9:1, maka cocok-cocok saja pakai Premium.

Semakin tinggi nilai rasio kompresi akan semakin bagus karena pemampatan campuran BBM dan udara yang semakin kuat, akan menimbulkan tekanan dan tenaga mesin lebih besar tapi diikuti juga dengan suhu yang lebih tinggi.

Di sinilah fungsi dari tinggi rendahnya nilai oktan yang terkandung dalam BBM. Semakin tinggi nilai oktan, maka BBM semakin susah terbakar. Sebaliknya jika BBM beroktan rendah, maka akan terbakar terlebih dahulu karena panas mesin, bukan karena percikan api dari busi.

"Ledakan ini akan menembak kepala piston yang sedang bergerak menuju titik mati atas, gejala ini disebut knocking (ngelitik). Jika dibiarkan terus, akan merusak piston, tenaga mesin tak maksimal dan boros BBM,” terang Yopie, dari bengkel Ultraspeed Racing.

Bahkan Muhammad Abidin selaku GM Aftersales & Motorsport Division PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing menyambut positif kehadiran Pertalite ini. "Hadirnya Pertalite 90 merupakan keharusan, saatnya standar emisi Euro3 dibarengi dengan bahan bakar beroktan lebih tinggi dan berkualitas baik yang terjangkau harganya," tulisnya di akun Facebook miliknya.

Pertalite sendiri cocok digunakan untuk kendaraan dengan mesin dengan rasio kompresi 9:1 sampai 10:1. Mesin dengan rasio kompresi ini yang populasinya paling banyak beredar. Dengan harga promosi Rp8.400 Pertalite layak jadi pilihan baru bagi masyarakat.

Berikut perbandingan rasio kompresi mesin dengan jenis BBM yang seharusnya dipakai.
*Kompresi <9:1 = RON 88
*Kompresi 9:1-10:1 = RON 90
*Kompresi 10:1-11:1 = RON 92
*Kompresi 11:1-12:1 = RON 95
*Kompresi >12:1 = RON 98

Metrotvnews.com

0 komentar: