Senin, 02 November 2015

10 Syarat mutlak Untuk Rosi agar jadi Juara Dunia 2015

Valentino Rossi harus menerima kenyataan bakal start dari posisi buncit pada seri pamungkas MotoGP di Valencia, 8 November mendatang. Fakta ini sontak mengerdilkan peluangnya untuk merebut gelar juara dunia ke-10 nya.

Sanksi start dari posisi terbelakang harus diterima Rossi lantaran ia dinyatakan bersalah dalam insiden senggolan dengan Marc Marquez pada seri ke-17 MotoGP Malaysia, akhir pekan lalu. Sebuah hukuman yang menurut Rossi dan banyak orang tidak adil.

Namun, hidup tetap harus berjalan. Rossi tidak boleh terus larut dalam kekecewaan. Sebab, peluangnya untuk jadi juara dunia musim ini masih terbuka, kendati tipis.

Ya, Rossi saat ini masih memuncaki klasemen sementara pembalap dengan koleksi 312 poin. Dia unggul tujuh angka dari pesaing terdekat sekaligus rekan setimnya di Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo.

Untuk jadi juara, Rossi memang harus mengerahkan seluruh kemampuannya. Hitung-hitungan simpelnya, pembalap kawakan 36 tahun ini wajib mengakhiri balapan di posisi dua di Valencia untuk memastikan gelar juara dunia musim ini.

Skenario di atas bukan satu-satunya skenario yang akan membuat Rossi jadi juara dunia musim ini. Masih ada sembilan skenario lain yang memungkinkan Rossi jadi juara dunia musim ini.

Berikut 10 skenario GP Valencia yang akan membuat Valentino Rossi merebut gelar juara dunia MotoGP 2015:

1. Jika Lorenzo gagal finis, Rossi dipastikan jadi juara dunia. Rossi juga akan jadi juara dunia apabila finis di depan Lorenzo.

2. Jika Lorenzo jadi juara di Valencia, maka dia memiliki poin 330. Dengan demikian, Rossi harus finis di posisi dua untuk jadi juara dunia (poin Rossi menjadi 332).

3. Jika Lorenzo finis di posisi dua, maka, poinnya menjadi 325. Andai Rossi finis di posisi empat, maka, keduanya akan mengakhiri musim dengan poin sama, yakni 325. Jika demikian, Lorenzo bakal keluar sebagai juara karena lebih banyak memenangi seri balap di musim ini. Untuk menghindari skenario itu, Rossi harus finis di posisi tiga andai Lorenzo finis di posisi dua.

4. Jika Lorenzo finis di posisi tiga, maka, Rossi setidaknya harus mencetak 10 poin dengan finis di posisi enam atau lebih baik.

5. Andai Lorenzo mengakhiri balapan di posisi empat, Rossi harus mencetak tujuh poin. Jadi, dia harus finis minimal di posisi sembilan atau lebih baik.

6. Jika Lorenzo finis di posisi lima (total 315 poin), maka, Rossi harus finis di posisi 11 atau lebih baik untuk jadi juara dunia.

7. Jika Lorenzo finis di posisi enam (total 315 poin), maka, Rossi harus finis di posisi 12 atau lebih baik.

8. Jika Lorenzo finis di posisi tujuh (total 314 poin), Rossi harus mengakhiri balapan di posisi 13 atau lebih baik.

9. Andai Lorenzo finis di posisi delapan, Rossi harus finis di posisi 14 atau lebih baik.

10. Jika Lorenzo finis di posisi sembilan, Rossi harus mampu setidaknya meraih satu poin untuk jadi juara dunia. Itu berarti, dia harus finis di posisi 15 atau lebih baik.


Sumber:kompas.com

0 komentar: