Sabtu, 19 September 2015

Suzuki patenkan motor terkencang di dunia

Suzuki diam-diam mulai memberi ”ruh” pada amunisi barunya untuk menantang Kawasaki H2 yang masih menyandang sebagai sepeda motor jalanan terkencang di muka bumi. Usaha pematenan itu terkuak pada dokumen di lembaga terkait Uni Eropa.

Nama yang dipakai ternyata sama dengan konsep yang sudah dipajang di berbagai ajang, yakni ”Recursion”. Sepeda motor ini bakal menyandang teknologi turbo, dan tentu saja sudah selangkah lagi masuk jalur produksi.

Aplikasi pematenan nama itu diajukan pada 2 September 2015 lalu sebagai usaha lanjutan Suzuki untuk menyiapkan Recursion lebih cepat. Maret lalu, merek Jepang itu juga sudah mematenkan teknologi turbo Recursion.

Recursion pertama kali muncul di Tokyo Motor Show 2013 akan menggunakan jantung 588cc pararel kembar dengan turbo dan intercooler.  Tidak seperti Kawasaki H2 dan H2R yang meletakkan supercharger di belakang silinder, Suzuki menempatkan peranti turbo di depan mesin dan di bawah radiator.

Aliran gas buang dari header digunakan untuk memutar turbin demi menekan asupan udara. Selanjutnya, udara dengan tekanan tinggi itu mengalir sampai ke intercooler yang terletak di bawah jok bagian depan.

Sumber:kompas.com 

0 komentar: