Sabtu, 12 September 2015

BMW kembangkan sasis karbon

Sasis berbahan serat karbon saat ini baru diterapkan oleh sejumlah pabrikan kendaraan roda empat. Itu pun hanya digunakan oleh produsen yang memproduksi mobil khusus seperti supercar atau hypercar.
Seperti ini desain sasis serat karbon BMW Motorrad. MCN
Lalu bagaimana penggunaannya untuk kendaraan roda dua? Belum banyak. Kalau pun ada itu murni untuk keperluan riset dan balapan prototipe. Tapi BMW Motorrad sendiri dikabarkan tengah mengembangkan sasis berbahan serat karbon untuk sepeda motor racikannya.

Seperti dirilis Motorcyclenews, BMW Motorrad mengambangkan sasis ini untuk diproduksi massal. Serta memecahkan anggapan dengan membuat sasis serat karbon yang berharga murah dan cepat prosesnya.

BMW Motorrad pun sudah mematenkan dua desain sasis serat karbon mereka, lengkap dengan detail bagaimana mereka bisa membuatnay dengan harga murah dan cepat.

Keuntungannya adalah bobot yang tereduksi. Seperi yang diketahui, serat karbon punya kekuatan komponen yang sangat baik namun dengan bobot yang lebih ringan.

Melihat desain sasis mereka, maka BMW Motorrad sepertinya akan mengganti dua model sasis yang saat ini digunakan. Pertama ada sasis bergaya balap yang sepertinya akan digunakan untuk model superbike S1000RR mereka. Lalu model tralis yang bisa digunakan untuk berbagai jenis motor yang ideal untuk mesin boxer.

Sumber:metrotvnews.com

0 komentar: