Sabtu, 12 September 2015

Catatan penting buat pengendara moge!!!

Motor gede (moge) memang memiliki daya tarik bagi para biker. Desain yang kekar dan mesin berperforma tinggi, tentu akan diminati utamanya kaum Adam.
Namun, bukan berarti motor ini bisa dikendarai sembarang orang, sebab menunggangi moge memerlukan kemampuan khusus. Hal itu dinilai sangat penting, mengingat moge memiliki beban dan kapasitas mesin lebih besar bila dibandingkan dengan motor konvensial.

Menurut pemilik bengkel modifikasi moge Kickasschoppers, Veroland, ada empat poin penting yang wajib diperhatikan bagi pengendara moge pemula.

"Hal terbesar itu adalah mental, pokoknya diri dulu dipersiapkan. Hal ini sangat berpengaruh dengan perilaku kita di jalan," ujar Veroland kepada VIVA.co.id.

Pemilik bengkel yang terletak di kawasan Mampang, Jakarta Selatan itu menjelaskan, kesiapan mental jadi fokus utama lantaran mengendarai moge akan menjadi pusat perhatian. Biasanya, banyak biker yang 'sok jago' dengan memuntir gas dalam-dalam jika sudah menjadi pusat perhatian. "Itu biasanya berlaku bagi para pengendara pemula," katanya.

Hal kedua yang patut diperhatikan, yakni beban motor yang besar. Kata dia, sebagian orang kadang melupakan, jika beban dari moge terbilang berat, sehingga harus berhati-hati dalam mengendarai motor ini. Paling tidak ada penyesuaian diri dengan moge, khususnya di jalan dengan lalu lintas padat.

"Hal ketiga yakni tidak panik, untuk moge akan lebih baik bila dikendarai dalam kondisi santai, serta jangan panik saat kondisi lalu lintas sangat padat, atau saat terselip kendaraan lain," kata dia.

Sementara itu, poin keempat, yakni pemilihan motor gede yang sesuai dengan ukuran tubuh. Hal ini juga penting, karena mengendarai kendaraan bermotor yang tidak sesuai dengan tubuh, akan membuat pengendara cepat lelah dan kehilangan keseimbangan.
"Jika itu terjadi, sangat berbahaya di jalan raya," katanya.

Sumber:vivanews.com

0 komentar: