Jumat, 15 Januari 2016

Skutik akan tetap kuasai pasar motor 2016

Kehadiran  skutik beberapa tahun silam mampu menggebrak pasar. Sisi kepraktisan serta cocok bagi semua golongan membuatnya berada jauh tinggi diatas segmen cub (bebek) dan juga sport.
Bukanlah hal yang mengherankan jika akhirnya nyaris seluruh agen pemegang merek (APM) memilikinya.


Itu karena kondisi pasar, demand serta serapannya memang sangat besar.
"Sudah beberapa tahun skutik mendominasi penjualan. Baik secara market share dan juga per segmen. Tahun ini juga masih memiliki tren seperti itu," ucap Margono Tanuwijaya, Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM).

Hal tersebut dikatakannya saat peluncuran New Honda BeAT POP eSP (13/1).
Menurut data yang dimilikinya, skutik menguasai sebesar 75 persen pasar kendaraan roda 2. Sisanya terbagi dalam cub dan juga sport. "Angka tersebut rasanya tidak akan bergeser. Kalaupun iya (bergeser), tidak akan terlalu jauh," tegasnya.

Honda sendiri memiliki beberapa varian skutik. Seperti BeAT, Vario, Spacy, PCX. Siap mengisi setiap segmen konsumen.

Sumber:otomotifnet

Kamis, 07 Januari 2016

Nasib ninja 250 tertolong sinetron ABG

Di tengah tekanan ekonomi sepanjang 2015, ternyata muncul fenomena tak terduga buat Kawasaki.
Yakni penjualan Ninja 250 FI yang tengah berada dalam tekanan sedikit bernafas lega berkat pengaruh tayangan sinetron.

Hal ini diungkap Michael C. Tanadhi, Deputy Head, Sales & promotions, PT. Kawasaki Motor Indonesia (KMI).




“Berkah. Kita tadinya takut dengan kondisi ekonomi. Ternyata ketolong sinetron ‘Anak Jalanan’,” ujarnya saat dihubungi otomotifnet.com (4/1).

Menurutnya, ada salah satu dealer yang kenal dengan produser sinetron tersebut.
Jadi meski tak mensponsori dengan dana, ada unit yang dipinjamkan untuk pembuatan sinetron berbumbu cinta untuk anak muda ini.

Pembeli di Serang, Banten pun dilaporkan mengubah warna pesanan dari hijau ke merah. Ia tak lagi menyebut pesanannya ‘Ninja dua setengah’ melainkan ‘Ninja Warrior’.

Warna merah tak lain warna motor anggota Genk Warrior di dalam sinetron yang diperankan Cut Meyriska, Cemal Faruk, Dylan Carr, Mischa Chandrawinata dan Salshabilla Adriani ini.
Michael, demikian ia disapa, mengungkapkan kalau pihak Jepang pun kaget dengan hal ini.

Sumber:otomotifnet

Senin, 04 Januari 2016

Motor terlaris di tahun 2015

Tahun 2015 mendekati ujungnya. Penjualan sepeda motor tahun ini tercatat merupakan angka paling rendah dalam tiga tahun terakhir.

Merujuk data yang disampaikan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan di rentang Januari-November 2015 juga merupakan yang terendah dalam tiga tahun terakhir, yakni 6.165.628 unit. Sementara pada periode yang sama tahun lalu, angkanya lebih banyak 8,8 persen atau 6.760.557 unit.

Ini Lima Motor Paling Laris di Indonesia 
Jika bicara merek paling laris, Honda masih mendominasi, disusul Yamaha, meski hasil penjualannya terpaut jauh. Kemudian disusul Suzuki, Kawasaki, dan TVS.

Dalam tulisan kali ini, VIVA.co.id akan menyampaikan lima motor yang tercatat dalam data AISI menyandang status terlaris sepanjang Januari-November 2015.

Motor terlaris pertama datang dari pabrikan sayap mengepak Honda, melalui BeAt Seriesnya yang terjual sebanyak 1.855.349 unit. Di posisi kedua masih datang dari Honda, dengan Vario Seriesnya yang terjual 1.277.024 unit.

Di posisi ketiga, ditempati Yamaha Mio Series dengan angka penjualan sebanyak 539.958 unit. Sementara di posisi keempat dan kelima, masing-masing ditempati Honda Scoopy 350.925 unit dan Yamaha V-Ixion 251.937 unit.