Minggu, 27 September 2015

Honda Rilis cb 190r

Honda kembali menghentak pasar roda dua. Kali ini, pabrikan asal Jepang itu merilis sepeda motor bergaya naked (telanjang) dengan mesin silinder tunggal, CB190R. Rilis motor sport itu dilakukan di Negeri Tirai Bambu, Tiongkok
Sesuai dengan nama yang didaulatnya, motor ini mengusung mesin berkapasitas 190cc. Penampilannya cukup terbilang kekar, lantaran mengadopsi gaya motor gede (moge). Tangkinya juga terlihat berotot, lengkap dengan garis-garis tegas. Demikian dilansir Thebikeadvice, Selasa 1 September 2015.


Bicara desain, lampu depan CB190R terlihat mirip dengan Kawasaki Z800 dan Z1000. Terdapat sudut-sudut ekstrem dari arah tangki ke arah depan yang mengguratkan kesan macho pada motor tersebut. Hamparan komponen mewah juga terjejal, seperti shock breaker depan berjenis up-side down dan speedometer full LCD. Sementara itu, bagian "dubur" alias knalpot, hadir dengan jenis midship.

Honda juga menyebutkan jika lampu depan, belakang, hingga lampu sein sudah mengadopsi lampu berjenis LED. Jika diberi nilai, motor ini menawarkan nilai yang lebih tinggi ketimbang motor naked yang ditawarkan Honda di wilayah negara Barat.
Setidaknya kesan kekar juga ikut menjalar ke sektor kaki-kaki, di mana motor ini dibekali ban lebar berukuran 110/70 R17 (depan), dan 140/70 (belakang). Sementara itu, velgnya mengaplikasi desain palang kipas seperti keluarga moge CB dan CB150R di Indonesia.

Soal tenaga, motor ini dapat menyemburkan tenaga 15,7 horse power di 8.000rpm dan torsi 15 Nm di 7.000rpm. Tenaga mesin disalurkan sempurna melalui sistem transmisi manual lima-percepatan.

 Tetapi sayang, jika dibandingkan dengan tenaga CB150R, power-nya masih terbilang kecil. Sebab, CB150R dengan kapasitas mesin 149,16cc DOHC dapat menyemburkan tenaga 16,6 hp.

Lantas, akankah motor ini akan masuk ke Indonesia? Seperti diketahui, pasar 200cc Honda telah lama kosong setelah motor andalan Honda Indonesia, Tiger, disuntik mati. Kita tunggu info selanjutnya.


Sumber:viva.com

Yamaha MT 15 siap Meluncur

Ada yang menarik jika memperhatikan peta persaingan Sepeda Motor Sport 150 cc di Indonesia. Semakin lama memanas, apalagi setelah V-ixion yang dulu merajai kini tak dibiarkan sendirian oleh Honda dengan CB150R Streetfire-nya. Strategi demi strategi dimainkan kedua belah pihak, dan kini Yamaha siap bermanuver dengan taktik baru.

Belakangan, ramai kabar di kalangan penggiat blog bahwa Yamaha MT-15 atau versi telanjang dari R15 siap diluncurkan. Dugaan itu diperkuat dengan munculnya sosok yang mengarah pada MT-15 dites di jalanan Indonesia, berbarengan jalan dengan New V-ixion Advance.

Spekulasi pun muncul, mulai dari spesifikasi hingga positioning. Dari foto yang beredar, MT-15 tampak menggunakan suspensi depan tipe upside down. Bodi berkarakter gagah dan tinggi, mirip versi mini Yamaha MT-25.

Tim desain KompasOtomotif kemudian mencoba menterjemahkan foto-foto yang sempat beredar ke internet dan menciptakan sosok MT-15. Gambar ini merupakan rekayasa, tapi kalau nanti diluncurkan, sepertinya tidak akan berbeda jauh dari dugaan kami!

Perang strategi
Paling menarik justru dipandang dari segi positioning. Belum jelas, model ini akan berdampingan dengan Yamaha V-ixion, atau akan menggantikan V-ixion. Namun yang jelas, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing cukup jeli sekaligus ngotot mempertahankan penguasaan segmen satu-satunya, yakni sport.

Saat Honda menyerang V-ixion dengan CB150R Streetfire, November 2012, Yamaha ternyata sudah siap dengan generasi terbarunya, New V-ixion Lightning (NVL). Lalu, Yamaha seakan kembali ”memancing” keluar Jagoan Honda terbaru dengan New V-ixion Advance, dan akhirnya muncul All-New CB150R terbaru dengan tampang lebih tajam.

Jika memang MT-15 akan dilahirkan, kemunculan All-New CB150R bakal kembali digebuk Yamaha dengan produk baru. Atau dengan kata lain, strategi ini bisa jadi sudah disiapkan Yamaha agar selalu unggul satu langkah di segmen gemuk ini.

Dugaan sementara KompasOtomotif, YIMM akan membuat MT-15 menemani New V-ixion Advance. Mereka akan berdampingan, meski pasar V-ixion akan sedikit tergerus.

Namun mengaca pada sukses Vario 125 yang kemudian didampingi Vario 150, dan ternyata pasar Vario Techno bertambah besar, bukan tidak mungkin Yamaha V-ixion dan MT-15 akan bahu-membahu memperbesar kue Yamaha di segmen sport 150 dan sport secara keseluruhan.

Sumber:kompas.com ( otomotif )

Sabtu, 19 September 2015

Suzuki patenkan motor terkencang di dunia

Suzuki diam-diam mulai memberi ”ruh” pada amunisi barunya untuk menantang Kawasaki H2 yang masih menyandang sebagai sepeda motor jalanan terkencang di muka bumi. Usaha pematenan itu terkuak pada dokumen di lembaga terkait Uni Eropa.

Nama yang dipakai ternyata sama dengan konsep yang sudah dipajang di berbagai ajang, yakni ”Recursion”. Sepeda motor ini bakal menyandang teknologi turbo, dan tentu saja sudah selangkah lagi masuk jalur produksi.

Aplikasi pematenan nama itu diajukan pada 2 September 2015 lalu sebagai usaha lanjutan Suzuki untuk menyiapkan Recursion lebih cepat. Maret lalu, merek Jepang itu juga sudah mematenkan teknologi turbo Recursion.

Recursion pertama kali muncul di Tokyo Motor Show 2013 akan menggunakan jantung 588cc pararel kembar dengan turbo dan intercooler.  Tidak seperti Kawasaki H2 dan H2R yang meletakkan supercharger di belakang silinder, Suzuki menempatkan peranti turbo di depan mesin dan di bawah radiator.

Aliran gas buang dari header digunakan untuk memutar turbin demi menekan asupan udara. Selanjutnya, udara dengan tekanan tinggi itu mengalir sampai ke intercooler yang terletak di bawah jok bagian depan.

Sumber:kompas.com 

Sabtu, 12 September 2015

Penerus Honda Tiger cb190 di rilis di tiongkok

Pabrikan otomotif asal Jepang, Honda, kembali merilis sepeda motor bergaya naked (telanjang) dengan mesin silinder tunggal, pada awal bulan September lalu. Motor yang dirilis di Negeri Tirai Bambu, Tiongkok itu adalah CB190R.
Motor Telanjang Honda, Sang Penerus Tiger?
Sesuai dengan namanya, motor ini mengusung mesin berkapasitas 190cc, dengan menampilkan bodi cukup kekar, karena mengadopsi gaya motor gede (moge). Bagian tangki pada motor juga terlihat lebih berotot, lengkap dengan garis-garis tegas.

Setelah resmi rilis di Jepang, apakah motor ini bakal dipersiapkan PT Astra Honda Motor (AHM) sebagai penerus Honda Tiger yang telah ‘disuntik mati’? Menilik pada kapasitas mesin tentu motor ini layak menjadi penerus Tiger.
Namun Deputy Head of Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan bila hingga saat ini belum ada pembicaraan resmi terkait motor terbaru tersebut.

“Belum ada. Kita kan kemarin untuk segmen sport sudah kasih CB 150 dan Honda Sonic, jadi masih belum ada untuk saat ini yang berkapasitas mesin 200cc,” katanya kepada VIVA.co.id, Selasa, 8 September 2015.

Meskipun merajai penjualan di segmen skuter matik, Honda masih belum dapat mendapatkan posisi pertama untuk penjualan pada segmen sport.

“Kita ingin semua segmen, maka itu mengeluarkan dua produk terbaru,” kata Muhibbudin.

Sumber:vivanews.com

Catatan penting buat pengendara moge!!!

Motor gede (moge) memang memiliki daya tarik bagi para biker. Desain yang kekar dan mesin berperforma tinggi, tentu akan diminati utamanya kaum Adam.
Namun, bukan berarti motor ini bisa dikendarai sembarang orang, sebab menunggangi moge memerlukan kemampuan khusus. Hal itu dinilai sangat penting, mengingat moge memiliki beban dan kapasitas mesin lebih besar bila dibandingkan dengan motor konvensial.

Menurut pemilik bengkel modifikasi moge Kickasschoppers, Veroland, ada empat poin penting yang wajib diperhatikan bagi pengendara moge pemula.

"Hal terbesar itu adalah mental, pokoknya diri dulu dipersiapkan. Hal ini sangat berpengaruh dengan perilaku kita di jalan," ujar Veroland kepada VIVA.co.id.

Pemilik bengkel yang terletak di kawasan Mampang, Jakarta Selatan itu menjelaskan, kesiapan mental jadi fokus utama lantaran mengendarai moge akan menjadi pusat perhatian. Biasanya, banyak biker yang 'sok jago' dengan memuntir gas dalam-dalam jika sudah menjadi pusat perhatian. "Itu biasanya berlaku bagi para pengendara pemula," katanya.

Hal kedua yang patut diperhatikan, yakni beban motor yang besar. Kata dia, sebagian orang kadang melupakan, jika beban dari moge terbilang berat, sehingga harus berhati-hati dalam mengendarai motor ini. Paling tidak ada penyesuaian diri dengan moge, khususnya di jalan dengan lalu lintas padat.

"Hal ketiga yakni tidak panik, untuk moge akan lebih baik bila dikendarai dalam kondisi santai, serta jangan panik saat kondisi lalu lintas sangat padat, atau saat terselip kendaraan lain," kata dia.

Sementara itu, poin keempat, yakni pemilihan motor gede yang sesuai dengan ukuran tubuh. Hal ini juga penting, karena mengendarai kendaraan bermotor yang tidak sesuai dengan tubuh, akan membuat pengendara cepat lelah dan kehilangan keseimbangan.
"Jika itu terjadi, sangat berbahaya di jalan raya," katanya.

Sumber:vivanews.com

KTM tawarkan tenaga lebih

Perusahaan otomotif asal Austria, KTM, memperkenalkan versi terbaru dari model Duke 690 dengan perubahan pada sektor dapur pacu. Motor bergaya naked tersebut, diklaim lebih bertenaga dan memiliki torsi lebih besar bila dibandingkan varian sebelumnya.Motor Terbaru KTM, Pabrikan Tawarkan Tenaga Lebih 'Montok'
Memiliki kapasitas mesin 693cc satu silinder, motor ini mampu menghasilkan tenaga lebih besar. Bila biasanya model Duke 690 lama mampu menghasilkan tenaga 67 tenaga kuda, edisi terbarunya mampu naik sampai dengan 73 tenaga kuda.

Untuk torsi motor terbaru disebutkan meningkat hingga enam persen. Selain mesin, adanya poros penyeimbang tambahan di kepala silinder diklaim mampu membuat getaran pada motor berkurang.

Dilansir Visordown, Jumat 11 September 2015, tenaga untuk varian R disebutkan lebih besar, serta mirip dengan model 1290 Super Adventure. Model R juga dilengkapi fitur Antilock Braking System (ABS). Selain tenaga lebih besar, varian R pada model Duke 690 juga dilengkapi dengan suspensi WR, dan rem Brembo.

"Belum ada informasi resmi dari KTM mengenai produk baru, atau produk update untuk model 2016 sampai pameran EICMA yang akan berlangsung pada September mendatang," ungkap keterangan resmiKTM.


Sumber:vivaotomotif.com

BMW kembangkan sasis karbon

Sasis berbahan serat karbon saat ini baru diterapkan oleh sejumlah pabrikan kendaraan roda empat. Itu pun hanya digunakan oleh produsen yang memproduksi mobil khusus seperti supercar atau hypercar.
Seperti ini desain sasis serat karbon BMW Motorrad. MCN
Lalu bagaimana penggunaannya untuk kendaraan roda dua? Belum banyak. Kalau pun ada itu murni untuk keperluan riset dan balapan prototipe. Tapi BMW Motorrad sendiri dikabarkan tengah mengembangkan sasis berbahan serat karbon untuk sepeda motor racikannya.

Seperti dirilis Motorcyclenews, BMW Motorrad mengambangkan sasis ini untuk diproduksi massal. Serta memecahkan anggapan dengan membuat sasis serat karbon yang berharga murah dan cepat prosesnya.

BMW Motorrad pun sudah mematenkan dua desain sasis serat karbon mereka, lengkap dengan detail bagaimana mereka bisa membuatnay dengan harga murah dan cepat.

Keuntungannya adalah bobot yang tereduksi. Seperi yang diketahui, serat karbon punya kekuatan komponen yang sangat baik namun dengan bobot yang lebih ringan.

Melihat desain sasis mereka, maka BMW Motorrad sepertinya akan mengganti dua model sasis yang saat ini digunakan. Pertama ada sasis bergaya balap yang sepertinya akan digunakan untuk model superbike S1000RR mereka. Lalu model tralis yang bisa digunakan untuk berbagai jenis motor yang ideal untuk mesin boxer.

Sumber:metrotvnews.com

Minggu, 06 September 2015

Harga Petualang baru Honda

Honda Amerika mengumumkan harga CRF1000L Africa Twin, sepeda motor petualang terbaru yang mulai diincar para adventurer di dunia. Banyak yang berharap harga lebih terjangkau dibandingkan dengan para rival dari BMW Motorrad, KTM, atau Triumph, yang dirasa cukup tinggi. Harapan itu pun terkabul.

Di Amerika Serikat, Africa Twin dibanderol 12.999 dollar AS (atau setara Rp 183 jutaan) untuk tipe transmisi manual. Sementara tipe yang menggunakan transmisi berkopling ganda atau dual clutch transmission (DCT) lebih tinggi, yakni 13.699 dollar AS (Rp 198 jutaan).

Harga itu tentu jauh lebih murah jika dibandingkan BMW R1200GS di sana yang dipatok sekitar 18.000-an dollar AS, atau sekitar Rp 250 jutaan. Harga pesaing lainnya dari Eropa lainnya memang di bawah BMW, namun tetap lebih mahal ketimbang CRF1000L Africa Twin.

Menariknya, fitur-fitur pelengkap yang membuat Africa Twin disegani adalah dibenamkannya ABS dan Honda Selectable Torque Control (atau kontrol traksi) sebagai fitur standar untuk semua tipe.

Menariknya, dua teknologi ABS dan kontrol traksi itu bisa dimatikan untuk mendapat sensasi off-road sesungguhnya. Tak hanya harga, berbagai aksesori juga meluncur, termasuk pedal khusus untuk tipe kopling ganda.

Sumber:kompas.com otomotif

ktm 690 duke tahun 2016

Alih-alih menampilkan mesin dua silinder terbarunya, KTM justru memamerkan naked bike mereka, 690 Duke. Motor bermesin silinder tunggal ini mengalami perubahan yang cukup signifikan.
Sosok KTM 690 Duke tampil dengan warna polos. Motorcycle
Dirilis Motorcycle, sebenarnya motor ini masih prototype dan tidak ada data spesifikasinya. Pabrikan Austria itu akan mengumumkannya pada bulan November mendatang diajang EICMA atau Milan Motor Show.

Dengan dipamerkannya 690 Duke terbaru ini, bisa saja mesin dua silinder 800 cc yang kabarnya tengah dikembangkan, akan molor waktu peluncurannya, bahkan kemungkinan akan muncul setelah tahun 2017 mendatang.

690 Duke mengalami menyegaran dari mesin single silinder yang diusungnya. Mesin ini diklaim mampu menjerit hingga 10.000 rpm. Mengantisipasi putaran mesin yang tinggi, KTM menambahkan balancer kedua untuk mereduksi getaran.

KTM juga mengklaim bahwa tenaga mesin ini meningkat tujuh persen dengan torsi yang juga meningkat enam persen, jika dibandingkan dengan mesin sebelumnya. Bagian pipa pembuangan akan mengalami revisi agar lolos standar emisi EuroIV.

KTM 690 Duke dibekali dengan tiga mode berkendara, sport, street dan rain. Sistem pengereman ABS dan kontrl traksi sebagai opsional. Setingan elektrik akan ditampilkan dalam layar TFT, yang pertama bagi KTM.

Sumber:metrotvnews.com

Sabtu, 05 September 2015

Wajah dan teknologi baru honda vario 110

PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan versi terbaru New  Vario eSP, Skutik 110 cc yang sudah dibekali dengan tekologi Enhanced Smart Power (eSP). Inilah model terakhir Vario Series yang akhirnya menggunakan teknologi minim gesek dan efisien khas Honda itu.

Teknologi baru yang sama seperti dipakai Vario 125 cc dan 150 cc membuat seri Vario terkecil itu diklaim semakin ramah lingkungan dan irit bahan bakar. Tak hanya itu, eSP terintegrasi dengan ACG Starter mampu menghidupkan mesin tanpa suara sekaligus menjadi dasar aplikasi fitur Idling Stop System (ISS).

Stripping juga berbeda, lebih trendi sesuai minat generasi muda. Pilihan warna terbaru bisa jadi pilihan menarik, yakni matte (lebih lembut dan kelihatan dof) cukup memberikan kesan modern serta canggih.

Pilihan warna baru ini hadir di kedua tipe yakni CBS dan CBS-ISS. Pada model dengan warna khusus ini, panel meter dibedakan dengan nuansa yang lebih sporty dan gelap. AHM mengklaim bahwa model dengan warna baru ini cocok untuk orang yang suka tampil beda.

 Fitur dan desain
Jika dilihat dari tampang, ada yang sedikit beda. Bagian depan sudah dipasangi lampu yang lebih besar, tetap menggunakan LED. Tampak lebih sporty berkat pengaplikasian pelindung knalpot dan kipas, pelindung CVT, serta pola pada pijakan kaki.

Answer Back System juga menjadi fitur dasar, merupakan pengendali jarak jauh (remote) yang terintegrasi dengan kunci (Integrated Answer Back), tapi hanya terpasang pada tipe ISS. Semua tipe sudah dilengkapi rem CBS, standar samping otomatis, serta pengunci roda depan.

Model ini dipasarkan dengan dua, CBS dengan harga Rp 15,8 juta dan CBS-ISS dengan banderol Rp 16,6 juta. Semua tipe menawarkan tiga pilihan warna, Estilo Black, Glam Red, dan Grande White. Lalu, pilihan warna baru Advance Matte Gray, dipasarkan dengan harga Rp 15,9 juta untuk tipe CBS dan Rp 16,7 juta untuk tipe CBS-ISS.

Sumber:kompas.com ( otomotif )

Jumat, 04 September 2015

Bedah mesin 150cc baru honda bag 2

Jika pada bagian pertama dibahas mengenai ubahan mesin 150 cc Honda untuk meningkatkan tenaga mesin. Maka pada artikel ini akan dibahas mengenai bagian kedua yaitu peningkatan torsi dan bagian ketiga, sistem aliran udara intake dan exhaust.

Untuk bagian kedua, guna meningkatkan torsi, Honda mengartur konfigurasi mesin almost square. Konfigurasi piston 57,3 mm dan stroke 57,8 mm membuat karakter mesin punya torsi dan power yang sama baiknya.


Sedangkan bagian ketiga mengenai sistem aliran udara intake dan exhaust, terdiri dari empat bagian. Pertama saringan udara, menggunakan viscous element, yang bebas perawatan dan tinggal ganti sesuai usia pakainya.

Kedua, sistem injeksi PMG-FI khas Honda, dilengkapi dengan sensor O2, yang posisinya berada diknalpot bagian atas mendekati saluran exhaust untuk mendeteksi kadar oksigen lebih akurat. Kemudian penggunaan busi nickel yang diklaim mampu hasilkan percikan api maksimal.

"Keuntungan yang didapatkan adalah pengaturan waktu dan jumlah bahan bakar yang disemprotkan lebih pas, dan hasil emisi lebih ramah lingkungan namun dengan konsumsi bahan bakar yang efisien," Winaryanto, Technical Training Instructor Astra Honda Training Center (AHTC).

Kemudian ketiga, sudut dibuat mengarah ke depan 40 derajat. Ini dilakukan untuk mengurangi hambatan aliran udara dibagian intake dan exhaust. Kemudian akselerasi lembut pada putaran mesin rendah, menengah hingga tinggi.

Terakhir adalah bagian knalpot, yang dibuat menjadi tiga sekat. Dengan inversion structure, lubang antara sekat dua dan tiga untuk menghasilkan suara pada frekuensi rendah khas motor sport. "Dilengkapi pula dengan glasswool untuk kurangi noise dan 400 cell three way cathalytic converter agar sesuai standar Euro3," urai Winaryanto lagi.

Sedang untuk teknologi lainnya, Honda menerapkan teknologi minim gesekan. Mulai dari offset cylinder, piston yang dilapisi molybdenum, spiny sleeve dan penggunaan roller rocker arm dan pin cam chain yang dilapisi vanadium agar lebih kuat

Sumber:metrotvnews.com

Kamis, 03 September 2015

bedah teknologi mesin 150 cc baru honda bag 1

Kehadiran New Sonic 150R dan All New CB150R Streetfire menarik perhatian banyak orang. Kehadiran keduanya mengusung jantung mekanis baru berkapasitas 150 cc.

"Keduanya punya tipe mesin yang sama, perbedaannya pada setingan ECM (engine control module) atau disebut juga ECU. Untuk perbedaannya itu rahasia vendor kami, tapi untuk mesinnya akan kita ulas," papar Winaryanto, Technical Training Instructor Astra Honda Training Center (AHTC).
Mesin 150 cc baru Honda alami banyak perubahan. MTVN/ A. Harry Budiawan
Dengan spesifikasi almost square (diameter piston dan langkah piston hampir sama), mesin ini memiliki bore mencapai 57,3 mm dan stroke 57,8 mm. Keunggulannya memberikan karakter responsif, tarikan bawah oke dan tarikan atas bagus, konsumsi bahan bakar irit, kenyamanan yang lebih tinggi, serta tampilan desain yang berfungsi menampilkan keindahan, dan perawatan yang mudah.

"Kalau dahulu motor sport (yang mengusung mesin 150cc) itu dipakai untuk touring. Kini motor sport juga dipakai untuk perkotaan, yang lebih mengarah fashion, dan lebih bergaya," sambungnya.

Lalu bagaimana cara mesin ini punya tenaga lebih baik? Ada tiga bagian, pertama untuk meningkatkan tenaga mesin, struktur valve (klep) sudutnya berubah untuk klep out jika ditarik garis lurus dari posisi piston. "sudut klep in tetap 16 derajat, sudut ex jadi 14 derajat, sebelumnya 16 derajat," terangnya.

Diameter klep sendiri mengecil dari 24 mm (in) dan 21 mm (ex) menjadi 22 mm (in) dan 19 mm (ex). Diameter klep yang mengecil disiasati dengan jumlah lubang pada injector menjadi delapan, dari sebelumnya yang enam lubang.

 "Dengan perubahan sudut klep dan diameter yang kecil, mencegah klep berbenturan saat overlaping (membuka bersamaan). Diameter intake sendiri 30 mm," urai Winaryanto lagi.

Kemudian beberapa komponen dibuat lebih ringan, seperti piston lebih ringan 18 gram, bobot pin piston berkurang 10 gram dan connecting rod lebih ringan 4 gram. Kemudian sistem pendinginan yang terintegrasi.

Untuk bagian kedua dan ketiga, akan kami bahas pada artikel bedah teknologi mesin 150 cc baru Honda bagian kedua, termasuk teknologi lainnya pada mesin ini.

Sumber:metrotvnews.com

transaksi pameran otomotif tembus 7 triliun

Setelah dua hari berselang berakhirnya dua perhelatan pameran otomotif nasional, yakni Indonesia International Motor Show (IIMS) dan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), keduanya mengumumkan hasil transaksi selama 11 hari pameran. Kedua pameran yang dihelat bersamaan 20-30 Agustus 2015, di dua tempat terpisah berhasil mengumpulkan nilai transaksi menembus Rp 7 triliun.

IIMS 2015, yang diselenggarakan di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat menyatakan berhasil mencatatkan nilai transaksi mencapai Rp 1,636 triliun. Jumlah ini diperoleh dari transaksi total 4.894 unit mobil dan sepeda motor. Pada pameran tahun ini, IIMS bukan hanya menampilkan jajaran mobil tapi juga sepeda motor dari berbagai macam merek.

Jumlah pengunjung yang berhasil diajak datang ke pameran besutan PT Dyandra Promosindo ini mencapai 359.374 orang. Artinya, berhasil melampaui target yang dietapkan perusahaan, yakni 350.000 orang pengunjung, pada pameran tahun ini.

“Saya sangat bangga dan mengapresiasi penyelenggaraan IIMS tahun ini, tak lain karena konsepnya berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Inovatif, kreatif dan visioner sehingga status IIMS semakin kuat sebagai event akbar tahunan dunia otomotif baik untuk industri lokal maupun skala internasional,” kata Direktur PT Dyandra Promosindo Hendra Noor Saleh dalam keterangan resminya, Selasa (1/9/2015).

 GIIAS

Sementara itu, GIIAS 2015 yang diselenggarakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang pada waktu yang sama juga berhasil menorehkan rekor baru. Selama 11 hari pameran, GIIAS mengaku berhasil menorehkan nilai transaksii mencapai Rp 5,455 triliun. Nilai ini peroleh berkat perhitungan surat pemesanan kendaraan (SPK) yang masuk ke panitia penyelenggara, sebanyak 17.077 unit.

Selain itu, total jumlah pengunjung yang datang ke pameran ini tercatat 451.654 orang. “Saya gembira angka pengunjung GIIAS 2015 berhasil menembus angka 400.000, karena awalnya GAIKINDO hanya menargetkan 380.000 pengunjung, sama dengan angka yang dicapai pada pameran Gaikindo tahun lalu," kata Johnny Darmawan, Ketua Gaikindo bidang Pameran dalam keterangan resminya,

Sumber:kompas.com